Skip to main content

Double Cleansing, Pentingkah?

"Teteh kenapa sih cerewet banget masalah double cleansing dan sunscreen?" Seseorang pernah bertanya pada saya. Baiklah saya jawab detail di sini ya. Kita ngobrol ngobrol cantik tentang pentingnya double cleansing di sini dan saya akan bahas tentang sunscreen di artikel mengapa harus selalu pakai sunscreen?

Jadi mengapa harus double cleansing? Ini juga pikiran saya dulu ketika tahu ternyata ada loh metode seperti ini. Kok ribet ya acara bersihin wajah pakai dua kali segala? Udah pakai susu pembersih atau cleansing oil kok pakai facial wash/sabun muka lagi?

Ternyata setelah saya menjalani sendiri baru terasa manfaat double cleansing ini. Dalam hatiku dulu bilang (ehm...), oh iya ya pakai sabun muka aja belum tentu bisa mengangkat sisa make up dan kotoran yang nyelip nyelip di pori-pori. Sama kayak bersihin mulut cuma kumur-kumur nggak bisa ngangkat semua sisa makanan yang nyelip di gigi.

Kalaupun pakai susu pembersih aja masih berasa lengket gimana gitu ya dan ga semua kotoran juga keangkat sama kapas. Kan bisa diangkat dan disegarkan oleh toner teh?

Well, sebenarnya toner itu fungsinya lebih ke menyeimbangkan ph dan menghidrasi kulit.

Setelah mencoba membersihkan wajah dengan metode double cleansing ini, kulit berasa bersihnya maksimal.

Lalu Bagaimana Tahapan Double Cleansing?

  1. Hapus make up dengan menggunakan first cleanser yang berbahan dasar minyak (oil based) seperti susu pembersih, cleansing oil atau cleansing balm. Bisa juga dengan minyak apapun yang kita miliki seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak kelapa sawit.Walaupun keseharian kita tidak pakai make up hanya pakai sunscreen, first cleanser tetap perlu ya untuk memecah residu sunscreen.
  2. Basuh atau angkat first cleanser di wajah dengan wash cloth/handuk kecil yang sudah dibasahi atau spons basah.
  3. Basuh wajah menggunakan second cleanser dengan bahan dasar air (water based) seperti facial wash atau facial foam. Basuh dengan air. Facial wash berfungsi untuk menuntaskan kotoran yang masih tersisa di wajah.

Membersihkan kulit itu sangat penting ya. Kunci kulit mulus adalah pembersihan yang optimal.  Kulit yang bersih insya Allah akan terhindar dari segala macam masalah kulit seperti komedo, jerawat, dll.

Membersihkan wajah dengan optimal juga akan membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi skincare selanjutnya seperti serum, pelembab dll.

Hm... Rasa rasanya rugi banget sudah pakai serum, moisturizer dan segala bentuk skincare lainnya yang bagus tapi belum maksimal. Jangan harap nanti hasilnya juga maksimal karena kotoran masih menyumbat di pori pori.

Atau, jangan juga buru buru bilang nggak cocok pakai sunscreen karena bruntusan atau jerawatan kalau belum rutin double cleansing.

Tapi perlu diingat double cleansing hanya perlu dilakukan di rutinitas skincare malam hari ya.
Untuk pagi hari cukup cuci muka dengan facial wash yang lembut.Nah gimana? Sudahkan kamu menerapkan metode double cleansing dalam ritual skincare harianmu?

Comments

Popular posts from this blog

Skincare Dasar untuk Pemula

Assalamualaikum wr. wb.

Sebelumnya disclaim dulu ya. Saya bukan tenaga ahli, beauty advisor atau apapun. Sharing nanti hanya berdasarkan pengalaman dan nyimak dari beberapa orang yang sudah mumpuni di Dunia skincare.

Ladies, setuju tidak kalo muslimah dan wanita umumnya itu harus kinclong? Kalo cantik akhlak sih memang harus ya, kalo cantik fisik gimana? Harus juga dong. Bukannya salah satu kriteria istri shalihah itu yang sedap dipandang suaminya? (Cieeeee... Ehm)

Selain itu bagi yang masih single, juga tidak ada salahnya loh merawat diri sejak dini. Muslimah juga kan berhak tampil fresh dengan kulit sehatnya. Allah Maha Indah dan suka keindahan, bukan?. Suatu hari teman saya pernah cerita, beliau nyimak ceramah seorang ustadz kurang lebih seperti ini isinya, "merawat diri itu salah  satu adab terhadap diri. Masa jenazah saja dimandiin, dibersihin, dan diberi wewangian tapi kita yang masih hidup enggak." #plak
Hayo akhwat siapa yang kalo mandi cuma seingetnya aja, cung? (I…

Mengapa harus pakai sunscreen setiap hari?

Pernah liat oneeonee korea yang kulitnya mulus bak porcelain, glowy dan seperti tidak ada pori porinya? Ternyata rahasianya adalah rajin pakai SPF a.k.a sunscreen setiap hari. Hm... Itu ternyata. Padahal dulu ya di mindset saya sunscreen dipake buat panas panasan seharian. Buat ke pantai aja. Marcia dalam postingan di Instagramnya mengatakan, "SPF (red. Sunscreen) adalah anti aging terbaik yang dapat mencegah dari penyebab umum kerusakan kulit."
Jika kulit tidak dilindungi dari paparan sinar matahari dapat menyebabkan beberapa masalah seperti kulit terbakar, milia, flek hitam, pigmentasi, bahkan kanker kulit. Sinar matahari dapat merusak kolagen sehingga kulit akan menjadi kendur. Lah ya itu namanya penuaan dini.

Itu kenapa Marcia dalam postingan di Instagramnya mengatakan, "SPF (red. Sunscreen) adalah anti aging terbaik yang dapat mencegah dari penyebab umum kerusakan kulit". Sunscreen bisa melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari. Sinar matahari sendiri …

Tips memilih Skincare sesuai Jenis Kulit

Tidak sedikit dari kita yang membeli skincare karena 'teracuni' oleh orang lain. Padahal belum tentu kan jenis kulit dan permasalahan kulit kita sama dengan orang lain. Jangan sampai karena orang lain kulitnya jadi mulus dan glowing terus kita jadi ikut ikutan beli produk A. Alih alih ingin mendapatkan kulit yang mulus dan sehat, yang ada malah timbul masalah baru karena ternyata jenis kulitnya berbeda. Sebagian besar bahan skincare umumnya bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Seperti bahan bahan untuk menghidrasi, mencerahkan dan lain lain. Namun ada juga bahan bahan khusus yang memang lebih efektif digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit kita. Morgan Stewart di kanalyoutubenya the beauty breakdownmengklasifikasikan jenis jenis kulit, permasalahan umumnya dan bahan skincare apa aja yang efektif untuk mengatasinya.


1. Acne Prone/Problematic/Oily Skin
Ciri-ciri:

Pori pori besarberminyak di penghujung hariJerawat, blackhead, whitehead, dll
Pilih produk skincare dengan ka…