Skip to main content

Mengapa harus pakai sunscreen setiap hari?

Pernah liat onee onee korea yang kulitnya mulus bak porcelain, glowy dan seperti tidak ada pori porinya? Ternyata rahasianya adalah rajin pakai SPF a.k.a sunscreen setiap hari. Hm... Itu ternyata. Padahal dulu ya di mindset saya sunscreen dipake buat panas panasan seharian. Buat ke pantai aja. Marcia dalam postingan di Instagramnya mengatakan, "SPF (red. Sunscreen) adalah anti aging terbaik yang dapat mencegah dari penyebab umum kerusakan kulit."

Jika kulit tidak dilindungi dari paparan sinar matahari dapat menyebabkan beberapa masalah seperti kulit terbakar, milia, flek hitam, pigmentasi, bahkan kanker kulit. Sinar matahari dapat merusak kolagen sehingga kulit akan menjadi kendur. Lah ya itu namanya penuaan dini.

Itu kenapa Marcia dalam postingan di Instagramnya mengatakan, "SPF (red. Sunscreen) adalah anti aging terbaik yang dapat mencegah dari penyebab umum kerusakan kulit". Sunscreen bisa melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari. Sinar matahari sendiri terdiri dari dua jenis, UVA dan UVB. Apa itu sinar UVA dan UVB?

1. UVA

UVA atau ultraviolet A. Inget aja ya A nya itu aging. Iya, jadi UVA ini adalah sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini. Cari sunscreen yang tidak hanya ada keterangan SPFnya tapi juga ada PA+ (++). Sinar UVA ini juga bisa menembus awan dan jendela. Nah kan jadi jangan merasa aman tidak menggunakan sunscreen ketika cuaca mendung atau hanya beraktifitas di dalam ruangan.

2. UVB

UVB atau ultraviolet B. Inget aja ya B-nya itu burn atau terbakar. Yaps ini bagian sinar matahari yang membuat kulit kita terbakar. Terlihat gosong atau kemerahan. Keterangan spf dalam suatu produk sunscreen itu fungsinya adalah untuk menerangkan seberapa lama produk tersebut dapat melindungi kulit kita dari sinar UVB.

Contoh: produk sunscreen SPF 30. Umumnya kulit kita bertahan dibawah sinar matahari itu sekitar 10 menit sebelum akhirnya terbakar. Nah, SPF 30 ini bisa melindungi kita 30 kali lipat dari ketika kita tidak pakai apa apa. Jadi kekuatan sunscreen SPF 30 mampu melindungi kita dari sinar UVB adalah 30x10 menit atau 300 menit, sekitar 4 sampai 5 jam.

Setelah lima jam maka kita perlu mengaplikasikan kembali atau aplikasikan setelah kita cuci muka atau berwudlu kecuali jika sunscreen kita tahan air. Nah, bagaimana dengan produk skincare atau make up yang mengandung SPF? Seperti moisturizer, bb cream, foundation dll?

No, produk kosmetik lain yang mengandung spf belum cukup untuk melindungi kulit kita. Ketika skincare lain dosisnya dengan cukup terasa lembab atau merata saja di dikulit, namun beda dengan sunscreen ini. Dia perlu dosis yang banyak. Iya sangat banyak. Dosis penggunaan sunscreen sebesar koin 500 rupiah atau 2,5 jari untuk seluruh wajah kita. Sebanyak ini.




Hm... Banyak ya?. Jadi bisa dibayangkan ya? Ketika kita pakai produk lain yang mengandung spf dimana kandungan kosmetik lain lebih dominan dibanding kandungan sunscreennya, seberapa banyak kita harus memakai moisturizer/bb cream/foundation untuk bisa melindungi kulit kita secara maksimal.

Nah, kalo mau awet muda kayak arti artis korea yang usia kepala 3 atau kepala 4 masih rasa kepala 2. Jangan lupa ya mulai rutin pakai sunscreen.

Comments

  1. Jdi teh, meskipun day cream yg kita gunakan mengandung spf, kita ttp harus pakai sunscreen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul teh, tapi ada yang bilang juga kalo kita cuma di dalam ruangan saja tidak apa apa pakai moisturizer berspf juga sudah cukup.

      Delete
  2. Teh, itu serius pake spf sebanyak itu di wajah? Ada dasar ilmiahnya kah teh? 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh. Skincare expert menyarankan sebanyak itu untuk melindungi kulit secara maksimal. Kalo ga sesuai dosis perlindungannya hanya 1/3 aja. Banyak banget ya 😅😅

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Skincare Dasar untuk Pemula

Assalamualaikum wr. wb.

Sebelumnya disclaim dulu ya. Saya bukan tenaga ahli, beauty advisor atau apapun. Sharing nanti hanya berdasarkan pengalaman dan nyimak dari beberapa orang yang sudah mumpuni di Dunia skincare.

Ladies, setuju tidak kalo muslimah dan wanita umumnya itu harus kinclong? Kalo cantik akhlak sih memang harus ya, kalo cantik fisik gimana? Harus juga dong. Bukannya salah satu kriteria istri shalihah itu yang sedap dipandang suaminya? (Cieeeee... Ehm)

Selain itu bagi yang masih single, juga tidak ada salahnya loh merawat diri sejak dini. Muslimah juga kan berhak tampil fresh dengan kulit sehatnya. Allah Maha Indah dan suka keindahan, bukan?. Suatu hari teman saya pernah cerita, beliau nyimak ceramah seorang ustadz kurang lebih seperti ini isinya, "merawat diri itu salah  satu adab terhadap diri. Masa jenazah saja dimandiin, dibersihin, dan diberi wewangian tapi kita yang masih hidup enggak." #plak
Hayo akhwat siapa yang kalo mandi cuma seingetnya aja, cung? (I…

Tips memilih Skincare sesuai Jenis Kulit

Tidak sedikit dari kita yang membeli skincare karena 'teracuni' oleh orang lain. Padahal belum tentu kan jenis kulit dan permasalahan kulit kita sama dengan orang lain. Jangan sampai karena orang lain kulitnya jadi mulus dan glowing terus kita jadi ikut ikutan beli produk A. Alih alih ingin mendapatkan kulit yang mulus dan sehat, yang ada malah timbul masalah baru karena ternyata jenis kulitnya berbeda. Sebagian besar bahan skincare umumnya bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Seperti bahan bahan untuk menghidrasi, mencerahkan dan lain lain. Namun ada juga bahan bahan khusus yang memang lebih efektif digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit kita. Morgan Stewart di kanalyoutubenya the beauty breakdownmengklasifikasikan jenis jenis kulit, permasalahan umumnya dan bahan skincare apa aja yang efektif untuk mengatasinya.


1. Acne Prone/Problematic/Oily Skin
Ciri-ciri:

Pori pori besarberminyak di penghujung hariJerawat, blackhead, whitehead, dll
Pilih produk skincare dengan ka…