Skip to main content

Skincare Hemat untuk Emak Rempong

Assalamualaikum Wr. Wb

Sebagai wanita, saya tahu benar kalau semua wanita itu fitrahnya ingin tampil cantik, tapi sebagai seorang ibu kadang banyak hal lain yang lebih diprioritaskan sehingga kadang lupa atau tidak sempat untuk merawat dirinya. Boro boro, kadang pingin buang air kecil saja anak bayi udah gedor gedor pintu kamar mandi.

Walaupun sebetulnya suami juga berhak memandang istrinya yang sedap dipandang. Agar lebih mudah menundukkan pandangan di rumah dan berkata pada dirinya, "Ah, istri saya di rumah lebih cantik dari wanita yang bertebaran di luar."

Beruntung para istri yang suaminya penuh pengertian dan bersabar menerima istri apa adanya. Namun begitulah fitrah lelaki. Dulu saya pernah mendenger ungkapan, "lelaki itu jatuh cinta lewat mata sedangkan perempuan itu lewat telinga (maksudnya suka digombalin hehe)"

Suami saya juga termasuk yang tidak banyak menuntut penampilan dari saya dulu, tapi setelah saya rutin skincare-an beliau lebih senang karena saya terlihat lebih fresh.

Jadi kalau suami ibu menerima ibu apa adanya, jangan mau ya bu. Kayak lagunya tulus, jangan cintai akuu apa adanya jangan... Tuntutlah sesuatu biar kita berjalan ke depan *eh keasyikan nyanyi deh hihi...

Maksudnya, jangan bu jangan cuma suami yang melulu dapat pahala karena bersabar, tapi kita harus berlomba mengejar pahala juga karena berusaha menyenangkannya. Asyikan kalau sama sama mengejar pahala dengan saling menyenangkan dan pengertian satu sama lain.

Nah, untuk itu belakangan saya gencar sering bahas tentang skincare. Kenapa skincare? Banyak alasannya seperti,
  1. Tidak semua orang suka dandan atau make up, pun tidak semua suami suka istrinya merias diri. 
  2. Skincare sifatnya jangka panjang, investasi ke depan sedangkan make up sifatnya hanya menutupi sementara. Mudahnya skincare itu menjaga dan memperbaiki kekurangan kulit, sedangkan make up menutupi sementara.
  3. Sebagian orang belum bisa paham pentingnya skincare. Segala sesuatu yang dirawat pasti akan terlihat indah. Seperti rumah kalau dibiarkan akan berdebu dan penuh sarang laba laba, tumbuh ilalang, juga catnya yang kusam menjamur. Sama halnya dengan kulit kita bu. Jika tidak dirawat akan dehidrasi, kusam, berjerawat bahkan mungkin cepat timbul tanda penuan dini.

Tidak sedikit juga ibu ibu yang ketika berbicara skincare sudah mundur duluan dengan beberapa alasan seperti,
  • Ribet, jangankan untuk skincarean, mandi aja udah diteriakin anak bayi.
  • Dana, banyak yang berpikir skincare atau perawatan itu harus ke klinik, beli skincare yang mahal. Sering saya nemu komentar, "lah dari pada beli krim siang mending buat jajan anak" dll
Dari situlah saya jadi terpikir untuk berbagi skincare hemat untuk emak rempong seperti saya ini. 

Saya paham kok, sebagai ibu dari dua orang balita, tanpa ART ditambah buka jasa catering harian di komplek rumah, pekerjaan di rumah kayaknya nggak beres beres. Boro boro mau skincare-an, mau buang hajat aja pintu digedorin. Tapi jangan dulu putus asa, di setiap masalah pasti ada solusi.

Percaya nggak bu, ditengah kesibukan bisa kok kita nyempet nyempetin skincare-an? Bisa!

Mari bu saya share tipsnya :)

Gambar dari sini

Bangun tidur cuci muka aja pakai air aja atau cuci muka pakai facial wash. Saat ibu motong sayuran, nemu tomat? Coba belah dua. Oleskan ke wajah dan biarkan 10-15 menit. Ibu bisa lanjut potongin sayuran, atau sambil ngepel juga bisa, atau sambil mandiin anak kayak saya? 

Masker tomat insya Allah bisa mengurangi minyak di wajah dan mencerahkan wajah. Atau saat ibu mau bikin susu buat anaknya. Bisa ya sisihkan satu sendok susu campur air atau madu sampai teksturnya kental aja biar mudah diaplikasikan di wajah.

Ibu bisa maskeran pake apa aja yang ada di dapur. Oatmeal, kentang, santan, alpukat dll. Googling aja bu diy masker dari bahan alami. 

Tips dari saya kalau maskeran sambil dibawa aktifitas lain, coba hindari masker yang kering dan terasa ketat di kulit seperti telur. Karena akan bersinggungan dengan gaya gravitasi.

Jangan lupa ya bu setelah dibilas langsung pakai sunscreen. Lupakan dulu krim siang dan serum jika memang tidak sempat atau tidak ada. Yang penting sunscreen wajib dipakai ya. 

Memang sih untuk sunscreen tidak bisa diy atau bikin sendiri, tapi banyak kok sunscreen yang ramah di kantong.

Lho kenapa harus pakai sunscreen? Jawabannya ada di artikel Mengapa harus pakai sunscreen setiap hari?

Untuk malam, jangan lupa double cleansing ya bu. Ini penting banget banget banget. Kulit yang tidak dibersihkan dengan baik bisa menyebabkan masalah lain. Kalau belum tahu tentang double cleansing bisa klik link cara double cleansing.

Sebetulnya kalau sudah double cleansing sudah cukup, tapi kalau ada waktu luang karena anak anak sudah tidur bisa pakai toner, serum dan krim malam. Kalau memang belum ada, bisa loh pakai minyak zaitun sebagai krim malam atau sleeping mask (masker yang dibawa tidur) atau pakai masker yang bisa dibawa santai/rebahan seperti masker telur.

Memang ya bu kalau pakai bahan bahan alami, hasilnya akan sedikit memakan waktu dibanding skincare drugstore atau klinik, tapi percaya deh bu proses tidak akan mengkhianati hasil.


Kalau ibu ada dana dan waktu berlebih boleh kok beli skincare drugstore. Sekarang banyak skincare lokal yang bagus dan harganya ramah di kantong. Atau kalau mau pakai skincare sejenis esketuh atau sulwasuh juga nggak ada salahnya. :D
Tapi bingung bagaimana cara memulainya. Cekidot, bisa dibaca di artikel ini Skincare untuk Pemula.


Semoga bermanfaat. Salam kinclong. :)



Comments

Popular posts from this blog

Skincare Dasar untuk Pemula

Assalamualaikum wr. wb.

Sebelumnya disclaim dulu ya. Saya bukan tenaga ahli, beauty advisor atau apapun. Sharing nanti hanya berdasarkan pengalaman dan nyimak dari beberapa orang yang sudah mumpuni di Dunia skincare.

Ladies, setuju tidak kalo muslimah dan wanita umumnya itu harus kinclong? Kalo cantik akhlak sih memang harus ya, kalo cantik fisik gimana? Harus juga dong. Bukannya salah satu kriteria istri shalihah itu yang sedap dipandang suaminya? (Cieeeee... Ehm)

Selain itu bagi yang masih single, juga tidak ada salahnya loh merawat diri sejak dini. Muslimah juga kan berhak tampil fresh dengan kulit sehatnya. Allah Maha Indah dan suka keindahan, bukan?. Suatu hari teman saya pernah cerita, beliau nyimak ceramah seorang ustadz kurang lebih seperti ini isinya, "merawat diri itu salah  satu adab terhadap diri. Masa jenazah saja dimandiin, dibersihin, dan diberi wewangian tapi kita yang masih hidup enggak." #plak
Hayo akhwat siapa yang kalo mandi cuma seingetnya aja, cung? (I…

Mengapa harus pakai sunscreen setiap hari?

Pernah liat oneeonee korea yang kulitnya mulus bak porcelain, glowy dan seperti tidak ada pori porinya? Ternyata rahasianya adalah rajin pakai SPF a.k.a sunscreen setiap hari. Hm... Itu ternyata. Padahal dulu ya di mindset saya sunscreen dipake buat panas panasan seharian. Buat ke pantai aja. Marcia dalam postingan di Instagramnya mengatakan, "SPF (red. Sunscreen) adalah anti aging terbaik yang dapat mencegah dari penyebab umum kerusakan kulit."
Jika kulit tidak dilindungi dari paparan sinar matahari dapat menyebabkan beberapa masalah seperti kulit terbakar, milia, flek hitam, pigmentasi, bahkan kanker kulit. Sinar matahari dapat merusak kolagen sehingga kulit akan menjadi kendur. Lah ya itu namanya penuaan dini.

Itu kenapa Marcia dalam postingan di Instagramnya mengatakan, "SPF (red. Sunscreen) adalah anti aging terbaik yang dapat mencegah dari penyebab umum kerusakan kulit". Sunscreen bisa melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari. Sinar matahari sendiri …

Tips memilih Skincare sesuai Jenis Kulit

Tidak sedikit dari kita yang membeli skincare karena 'teracuni' oleh orang lain. Padahal belum tentu kan jenis kulit dan permasalahan kulit kita sama dengan orang lain. Jangan sampai karena orang lain kulitnya jadi mulus dan glowing terus kita jadi ikut ikutan beli produk A. Alih alih ingin mendapatkan kulit yang mulus dan sehat, yang ada malah timbul masalah baru karena ternyata jenis kulitnya berbeda. Sebagian besar bahan skincare umumnya bisa digunakan oleh semua jenis kulit. Seperti bahan bahan untuk menghidrasi, mencerahkan dan lain lain. Namun ada juga bahan bahan khusus yang memang lebih efektif digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit kita. Morgan Stewart di kanalyoutubenya the beauty breakdownmengklasifikasikan jenis jenis kulit, permasalahan umumnya dan bahan skincare apa aja yang efektif untuk mengatasinya.


1. Acne Prone/Problematic/Oily Skin
Ciri-ciri:

Pori pori besarberminyak di penghujung hariJerawat, blackhead, whitehead, dll
Pilih produk skincare dengan ka…