Double Cleansing, Pentingkah?

By Fathia Mohaddisa - January 18, 2018

"Teteh kenapa sih cerewet banget masalah double cleansing dan sunscreen?" Seseorang pernah bertanya pada saya. Baiklah saya jawab detail di sini ya. Kita ngobrol-ngobrol cantik tentang pentingnya double cleansing dan saya akan bahas tentang sunscreen di artikel mengapa harus selalu pakai sunscreen?

Jadi mengapa harus double cleansing? Ini juga pikiran saya dulu ketika tahu ternyata ada loh metode seperti ini. Kok ribet ya acara bersihin wajah pakai dua kali segala? Udah pakai susu pembersih atau cleansing oil kok pakai facial wash/sabun muka lagi?

Ternyata setelah saya menjalani sendiri baru terasa manfaat double cleansing ini. Dalam hatiku dulu bilang (ehm...), oh iya ya pakai sabun muka aja belum tentu bisa mengangkat sisa make up dan kotoran yang nyelip nyelip di pori-pori. Sama kayak bersihin mulut cuma kumur-kumur nggak bisa ngangkat semua sisa makanan yang nyelip di gigi.

Kalaupun pakai susu pembersih aja masih berasa lengket gimana gitu ya dan ga semua kotoran juga keangkat sama kapas. Kan bisa diangkat dan disegarkan oleh toner teh?

Well, sebenarnya toner itu fungsinya lebih ke menyeimbangkan ph dan menghidrasi kulit.

Setelah mencoba membersihkan wajah dengan metode double cleansing ini, kulit berasa bersihnya maksimal.

Lalu Bagaimana Tahapan Double Cleansing?

  1. Hapus make up dengan menggunakan first cleanser yang berbahan dasar minyak (oil based) seperti susu pembersih, cleansing oil atau cleansing balm. Sebetulnya tidak disarankan pakai minyak-minyakan lain seperti olive oil, vco apalagi minyak goreng. Bagaimana pun juga residu minyak-minyakan foodgrade sulit diangkat walaupun pakai washlap basah dan facial wash. Bisa-bisa malah menyebabkan pori-pori tersumbat. Deuh... malah bikin masalah baru dah. Walaupun keseharian kita tidak pakai make up hanya pakai sunscreen, first cleanser tetap perlu ya untuk memecah residu sunscreen.
  2. Basuh atau angkat first cleanser di wajah dengan wash cloth/handuk kecil yang sudah dibasahi atau spons basah. Atau jika pakai cleansing balm atau cleansing oil yang bisa diemulsi dengan air, maka cukup basahi kulit dengan air lalu pijat-pijat sampai first cleanser-nya lumer sendiri.
  3.  Terakhir, basuh wajah menggunakan second cleanser dengan bahan dasar air (water based) seperti facial wash atau facial foam. Basuh dengan air. Facial wash berfungsi untuk menuntaskan kotoran yang masih tersisa di wajah.

Membersihkan kulit itu sangat penting ya. Kunci kulit mulus adalah pembersihan yang optimal.  Kulit yang bersih insya Allah akan terhindar dari segala macam masalah kulit seperti komedo, jerawat, dll.

Membersihkan wajah dengan optimal juga akan membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi skincare selanjutnya seperti serum, pelembab dll.

Hm... Rasa rasanya rugi banget sudah pakai serum, moisturizer dan segala bentuk skincare lainnya yang bagus tapi belum maksimal. Jangan harap nanti hasilnya juga maksimal karena kotoran masih menyumbat di pori pori.

Atau, jangan juga buru buru bilang nggak cocok pakai sunscreen karena bruntusan atau jerawatan kalau belum rutin double cleansing, okay?

Tapi perlu diingat double cleansing hanya perlu dilakukan di rutinitas skincare malam hari ya.
Untuk pagi hari cukup cuci muka dengan facial wash yang lembut. Nah gimana? Sudahkan kamu menerapkan metode double cleansing dalam ritual skincare harianmu?

  • Share:

You Might Also Like

0 comments