Mengapa harus pakai sunscreen setiap hari?

by - January 26, 2018

Pernah liat onee onee korea yang kulitnya mulus bak porcelain, glowy dan seperti tidak ada pori porinya? Ternyata rahasianya adalah rajin pakai SPF a.k.a sunscreen setiap hari. Hm... Itu ternyata. Padahal dulu ya di mindset saya sunscreen dipake buat panas panasan seharian. Buat ke pantai aja. Marcia dalam postingan di Instagramnya mengatakan, "SPF (red. Sunscreen) adalah anti aging terbaik yang dapat mencegah dari penyebab umum kerusakan kulit."

Jika kulit tidak dilindungi dari paparan sinar matahari dapat menyebabkan beberapa masalah seperti kulit terbakar, milia, flek hitam, pigmentasi, bahkan kanker kulit. Sinar matahari dapat merusak kolagen sehingga kulit akan menjadi kendur. Lah ya itu namanya penuaan dini.

Itu kenapa Marcia dalam postingan di Instagramnya mengatakan, "SPF (red. Sunscreen) adalah anti aging terbaik yang dapat mencegah dari penyebab umum kerusakan kulit". Sunscreen bisa melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari. Sinar matahari sendiri terdiri dari dua jenis, UVA dan UVB. Apa itu sinar UVA dan UVB?

1. UVA

UVA atau ultraviolet A. Inget aja ya A nya itu aging. Iya, jadi UVA ini adalah sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini. Cari sunscreen yang tidak hanya ada keterangan SPFnya tapi juga ada PA+ (++). Sinar UVA ini juga bisa menembus awan dan jendela. Nah kan jadi jangan merasa aman tidak menggunakan sunscreen ketika cuaca mendung atau hanya beraktifitas di dalam ruangan.

2. UVB

UVB atau ultraviolet B. Inget aja ya B-nya itu burn atau terbakar. Yaps ini bagian sinar matahari yang membuat kulit kita terbakar. Terlihat gosong atau kemerahan. Keterangan spf dalam suatu produk sunscreen itu fungsinya adalah untuk menerangkan seberapa lama produk tersebut dapat melindungi kulit kita dari sinar UVB.

Contoh: produk sunscreen SPF 30. Umumnya kulit kita bertahan dibawah sinar matahari itu sekitar 10 menit sebelum akhirnya terbakar. Nah, SPF 30 ini bisa melindungi kita 30 kali lipat dari ketika kita tidak pakai apa apa. Jadi kekuatan sunscreen SPF 30 mampu melindungi kita dari sinar UVB adalah 30x10 menit atau 300 menit, sekitar 4 sampai 5 jam.

Setelah lima jam maka kita perlu mengaplikasikan kembali atau aplikasikan setelah kita cuci muka atau berwudlu kecuali jika sunscreen kita tahan air. Nah, bagaimana dengan produk skincare atau make up yang mengandung SPF? Seperti moisturizer, bb cream, foundation dll?

Ketika skincare lain dosisnya dengan cukup terasa lembab atau merata saja di dikulit, namun beda dengan sunscreen ini. Dia perlu dosis yang banyak. Iya sangat banyak. Dosis penggunaan sunscreen sebanyak 2mg per 2cm² atau 2,5 jari untuk seluruh wajah kita. Sebanyak ini agar bisa melindungi kulit kita dari efek buruk sinar matahari dengan maksimal.

Kalau kurang dari dosis segitu? Nggak masalah juga, hanya saja ya sia-sia. Sama aja seperti tidak pakai sunscreen.



Hm... Banyak ya? jadi apakah bisa diganti dengan pelembab, bb/cc cream atau foundation ber-spf? tentu saja bisa! Asalkan dosisnya sebanyak itu. Bisa dibayangkan bagaimana greasy-nya pakai pelembab sebanyak itu? dan sedempul apa foundation atau bb cream menggunakan dosis sebanyak itu.

Nah, kalo mau awet muda kayak arti artis korea yang usia kepala 3 atau kepala 4 masih rasa kepala 2. Jangan lupa ya mulai rutin pakai sunscreen ya.

You May Also Like

4 comments

  1. Jdi teh, meskipun day cream yg kita gunakan mengandung spf, kita ttp harus pakai sunscreen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul teh, tapi ada yang bilang juga kalo kita cuma di dalam ruangan saja tidak apa apa pakai moisturizer berspf juga sudah cukup.

      Delete
  2. Teh, itu serius pake spf sebanyak itu di wajah? Ada dasar ilmiahnya kah teh? 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh. Skincare expert menyarankan sebanyak itu untuk melindungi kulit secara maksimal. Kalo ga sesuai dosis perlindungannya hanya 1/3 aja. Banyak banget ya 😅😅

      Delete