Tips Memilih Skincare: meminimalisir ketidakcocokan

by - January 18, 2018





Assalamualaikum. wr.wb.

Setelah baca serba serbi tentang skincare di sini. Kemudian bertekad ingin memulai skincare-an, tapi bingung harus beli apa aja? Bagaimana memulainya dan bagaimana mencari skincare yang cocok? Kebanyakan orang (termasuk saya) beli skincare itu ikut ikutan orang alias keracunan istilahnya. Si A pakai produk skincare anu kulitnya glowing, loh kok ketika kita yang pakai malah berminyak? Sedih nggak sih? Mana perjuangan beli produknya pakai nabung lama? (Ahahaha aku aja kali ini mah)

Hari ini saya mau share beberapa tips memilih sebelum membeli skincare. Nggak jamin sih setelah baca artikel ini skincare yang kamu pilih bakalan langsung cocok. Tidak ya, kembali lagi reaksi skincare di kulit orang itu beda beda, tapi semoga setelah membaca tips ini bisa meminimalisir ketidakcocokan. Kan sayang ya udah beli ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Berikut tips dari saya:

1. Kenali Jenis Kulitmu

Mengenali jenis kulit sendiri penting banget untuk menentukan produk skincare yang akan kamu beli. Apakah kulitmu berminyak? Kering? Kombinasi atau sensitif? Contoh: pilih produk moisturizer dengan tekstur gel dan mudah menyerap untuk kulit berminyak agar tidak pliket dan tekstur cream untuk kulit kering agar kulitmu senantiasa lembab sepanjang hari.

2. Kenali Kebutuhan Kulit

Bagaimana caranya? Secara kasat mata kita bisa melihat dan meraba kondisi kulit kita. Setelah kita tahu akan mudah untuk menentukan produk sesuai goal ketika kita pakai skincare. Seperti:
  • Dehidrasi, carilah produk yang bisa menghidrasi umumnya mengandung glycerin, hyaluronic acid dll. Biasanya ditemukan dalam toner, essence atau serum. Produk yang mudah diserap kulit.
  • Kusam, carilah produk yang mencerahkan. Biasanya mengandung vitamin c, niacinamide atau vitamin B3, Arbutin dll
  • Mature skin, carilah produk anti aging.Dan masih banyak lagi. Mungkin nanti akan saya bikin khusus di postingan lain.

3. Ragu kehalalannya? Ragu Keamanannya?

Please cek ingredientnya. Kalo bingung bagaimana cara mencari ingredient. Bisa mampir ke blog cosdna. ketik cosdna diikuti nama produk. Jangan tanya ke penjual ya, mending cari tahu langsung ke web resminya. Kasian penjualnya sis, produk yang mereka jual banyak dan tidak jamin mereka hapal satu satu bahan ingredientnya. Nggak semua penjual tahu, nggak semua penjual paham ingredient. Sekarang mengakses informasi itu mudah, dekat sedekat sentuhan jari di layar HP Cieee

Dengan kita proaktif mencari sendiri akan lebih mantap dibanding nanya penjual yang (maaf) kebanyakan mau cari mudahnya dengan mengatakan. Aman, halal dll.
Kalau belum paham tentang nama nama ilmiahnya bisa googling lagi.

Ribet? Kalau merasa repot mencari sendiri tentang kandungan skincare yang aman dan halal. Minimal cari apakah sudah terdaftar di bpom dan sudah ada label halal mui, itu akan lebih mudah. Insya Allah, dengan sudah terdaftarnya di dua lembaga tersebut skincare yang kita pakai aman dan halal, karena memang BPOM ada untuk memastikan bahwa produk tersebut aman sebel beredar dan LPPOM MUI memastikan produk tersebut halal.

4. Bisa Digunakan Ibu Hamil & Menyusui?

Okey, lanjutan dari poin ketiga, sebelum cek ingredientnya, kenali dulu bahan bahan yang perlu dihindari ibu hamil & menyusui. Banyak artikel dan videonya.
Ribet juga? Saat cek kandungan boleh ya tanyakan langsung pada obgyn atau libur dulu skincare-anya :)

5. Kandungan Skincare

Hal yang perlu diingat perhatikan juga kandungan skincare apa aja yang tidak cocok/menyebabkan alergi agar tidak terjebak dalam lubang yang sama.

6. Baca Review

Terakhir sebelum membeli produk, cari review sebanyak mungkin. Biar mantap 
Biasanya saya suka baca reviewnya di femaledaily. Apalagi ya? Ada tambahan? Boleh ya share di komen 

You May Also Like

0 comments